Pahala dan keutamaan berbuka puasa



Ibadah puasa telah mengajarkan kita arti kesabaran yang sanagt ebrarti bagi kita. dari mulai terbitnya fajar sampai terbenamanya matahari kita diajarkan diri untuk menahan rasa lapar dan haus serta menahan segala hawa nafsu yang bisa menjerumsukan kita kepada hal-hal yang dapat membatalkan puasa ataupu mengurangi pahalanya. Sehingga harapannya setelah kita melewati bulan Ramadhan dengan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, menjadikan kita pribadi yang penyabar dan dapat mengendalikan hawa nafsu kita.

Selain menahan lapar sebagai salah satu pelajaran sabar serta mengendalikan hawa nafsu, ibadah puasa kita juga mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yag telah diberikan Allah swt. kepada kita. Jika kita berpuasa selama satu hari dengan cara menahan diri dari rasa lapar dan haus, maka mungkin di satu sisi ada oranglain yang sudah terbiasa menahan rasa lapar dan haus seharian bahkanberhari-hari, bukan dikarenakan ia berpuasa melainkan karena ia tidak mampu untuk makan dan minum.

Dengan rasa syukur yang kita dapat dengan berpuasa dapat menjadikan kita seseorang yang gemar berbagi kepada sesama serta membantu mereka yang membutuhkan. Sehingga esensi dari ibadah puasa selama satu bulan yang telah dilaksanakan didapatkan oleh kita. dan setelah Ramadhan selesai kita tidak menjadi lagi takut bahkan pelit untuk sekedar membantu meringankan beban yang ditanggung orang lain khususnya bagi mereka yang dirasa kruang mampu.

Bagi setiap orang muslim yang menajalankan ibadah puasa, salah satu nikmat yang mereka dapatkan adalah nikmatnya berbuka puasa. Sungguh nikmat yang sangat besar setelah seharian menahan lapar dan haus dan dengan berbuka rasa lapar dan haus itupun dapat tergantikan. Terlebih jika kita melaksanakan buka puasa bersama orang-orang yang kita cintai, sungguh hal tersebut merupakan sesuatu yang kita tunggu-tunggu.

Dengan berbuka puasa, kita akan menjadi orang yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Adab-adab yang harus dikerjakan ketika berbuka puasa adalah sebagai berikut.

Menyegerakan untuk Berbuka Puasa

Menyegerakan diri untuk berbuka puasa merupakan sunnah yang diajarkan oleh rasulullah saw. adapun salah satu hikmah dari menyegerakan diri untuk berbuka puasa ialah agar kita bisa melaksankan ibadah shalat magrib diawal waktu dan tentunya secara berjamaah. Rasulullah saw bersabda “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

Membaca Do’a Sebelum Berbuka Puasa

Membaca do’a ketika berbuka puasa akan menambah keberkahan dari kita berbuka puasa. Salah satu keutamaan dari berdoa sebelum berbuka ataupun makan dan minum ialah dihindarkan dari segala hal yang tidak memiliki manfaat dari makanan dan minuman yang kita makan. Sehingga diusahakan ketika kita berbuka puasa, maka alangkah jauh lebih baik berdo’a terlebih dahulu.

Menyantap Hidangan Yang Ringan

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih)

0 komentar:

Posting Komentar